ANALISA QUANTITY TAKE-OFF DENGAN MENGGUNAKAN AUTODESK REVIT

Authors

  • Danny Laorent Magister Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
  • Paulus Nugraha Magister Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
  • Januar Budiman Magister Teknik Sipil Universitas Kristen Petra

DOI:

https://doi.org/10.9744/duts.6.1.1-8

Keywords:

quantity take-off, building information modeling, autodesk revit

Abstract

Quantity Take-Off merupakan salah satu upaya dari kontraktor dengan melakukan perhitungan volume, yang nantinya akan digunakan sebagai bahan untuk menyusun BQ dalam tender dan nantinya juga dijadikan bahan untuk melakukan procurement. Oleh sebab kontraktor yang dapat melakukan quantity take-off dengan akurat akan mendapatkan beberapa keuntungan seperti pengefisiensian material yang datang karena sesuai dengan aktual. Autodesk Revit merupakan sebuah tools atau aplikasi yang berbasis Building Information Modeling (BIM) yang mampu melakukan quantity take-off. Dalam penelitian ini akan dibahas bagaimana kelebihan dan kelemahan dari  Autodek Revit dalam melakukan quantity take-off pada volume beton, bila dibandingkan dengan metode yang selama ini dipakai, yaitu menghitung volume dengan menggunakan gambar dari Autocad dan dengan bantuan Microsoft Excel. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Autodesk Revit dapat melakukan quantity take-off dengan baik dan memiliki beberapa kelebihan seperti, memiliki efisiensi terhadap waktu karena dapat menghitung volume dengan lebih cepat dibandingkan dengan metode sebelumnya, apalagi bila terdapat perubahan desain. Akan tetapi dalam membuat permodelan pada Revit membutuhkan waktu yang cukup lama dan harus teliti agar memperoleh hasil yang akurat. 

 

Quantity Take-Off is one of the efforts of contractors to make calculations volume, which will be used as the object for making Bill of Quantity in the tender and will also be made to make procurement. Therefore contractors who can do quantity take-off accurately will get some advantages such as efficiency material that came as it was in accordance with the actual. Autodesk Revit is a tools or application based on Building Information Modeling (BIM) which is capable of performing quantity take-off. In this research will be discussed how advantages and deficiency of Autodek Revit in quantity take-off to calculate concrete volume, when compared with the method that have been used, it is calculating volume using image from Autocad and help with Microsoft Excel. Result of this research showed that Autodesk Revit can do quantity take-off with good and has a number of advantages such as, have efficiency to the time because they can calculate volume with more rapidly than method before, especially if there is a redesign. But in making modeling in Revit takes a lot of time for a long time to have a careful and is to be accurate results.  

References

Soemardi, B. W., & Rayendra. (2014). "Studi Aplikasi Teknologi Building Information Modeling untuk Pra-Konstruksi." Simposium Nasional RAPI XIII - 2014 FT UMS.
Sunartyas. (2015). Hasil Wawancara tanggal 22 Agustus 2015 di Pakuwon Indah.
Sutanto, H. (2015). "Exploiting the Use of BIM for Bid Preparation". Department of Civil & Enviromental Engineering National University of Singapore.
Utama, W. P. (2009). "Standarisasi Pengukuran Kuantitas Pekerjaan Konstruksi di Indonesia : Suatu Gagasan". Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta. <http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:mS0GJmARvjoJ: ftsp.bunghatta.ac.id/artikel-1standardisasi_pengukuran_kuantitas_pekerjaan_ konstruksi_di_ indonesia__suatu_gagasan.html+&cd=1&hl=en&ct=clnk&gl=id> (2009).

Downloads

Published

2019-04-30

How to Cite

Laorent, D., Nugraha, P., & Budiman, J. (2019). ANALISA QUANTITY TAKE-OFF DENGAN MENGGUNAKAN AUTODESK REVIT. Dimensi Utama Teknik Sipil, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.9744/duts.6.1.1-8

Issue

Section

Articles