STUDI CONTRIBUTORY WORK & NON-CONTRIBUTORY WORK PADA PROSES PEKERJAAN STRUKTUR SALAH SATU PERUMAHAN DI SURABAYA TIMUR

Authors

  • Ronny A Hartanto Magister Teknik Sipil
  • Lie Arijanto Magister Teknik Sipil Universitas Kristen Petra

DOI:

https://doi.org/10.9744/duts.3.1.1-8

Keywords:

waste, contributory work, non-contributory work, penyebab waste

Abstract

Penelitian ini menganalisa pemanfaatan waktu kerja yang terkait dengan alokasi pekerja untuk contributory work dan non-contributory work selama proses pekerjaan struktur salah satu perumahan di Surabaya Timur, serta menemukan faktor penyebab terjadinya waste (non-contributory work).

Pengambilan data menggunakan teknik worksampling, dengan jenis pekerjaan yang diamati: pekerjaan kayu, pekerjaan besi, pekerjaan batu, dan pekerjaan beton. Metode analisa menggunakan pendekatan kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 20,28% dari total alokasi pekerja digunakan untuk contributory work dan sebesar 37,70% untuk non-contributory work. Sedangkan penyebab utama terjadinya waste (non-contributory work) berkaitan dengan perilaku dan motivasi pekerja, buruknya pembagian tugas kerja, pendistribusian material yang buruk, pengiriman material yang tidak sesuai schedule dan terlalu banyak pekerja pada ruang yang terbatas.

Downloads

Published

2016-04-29

How to Cite

Hartanto, R. A., & Arijanto, L. (2016). STUDI CONTRIBUTORY WORK & NON-CONTRIBUTORY WORK PADA PROSES PEKERJAAN STRUKTUR SALAH SATU PERUMAHAN DI SURABAYA TIMUR. Dimensi Utama Teknik Sipil, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.9744/duts.3.1.1-8

Issue

Section

Articles