Perbandingan Penjadwalan Proyek Menggunakan Kurva “S” dan CPM Network pada Proyek “X” di Surabaya

Authors

  • Wenly Sulistio Magister Teknik Sipil
  • Andi Andi Magister Teknik Sipil Universitas Kristen Petra

DOI:

https://doi.org/10.9744/duts.3.2.31-38

Keywords:

project scheduling, “S” curve, CPM network

Abstract

Metode yang banyak digunakan dalam perencanaan jadwal proyek adalah metode CPM Network yang memperlihatkan analisa jaringan antar aktivitas dan juga metode Kurva “S” yang menggunakan grafik hubungan jadwal proyek dengan biaya proyek. Penelitian ini melakukan perencanaan jadwal menggunakan metode CPM Network dan Kurva “S”. Dari data yang didapat dilakukan perencanaan jadwal proyek menggunakan bantuan program Microsoft Project dan selanjutnya dilakukan pengamatan dilapangan. Hasil dari analisa kedua metode akan dilakukan perbandingan.

Hasil dari CPM Network menunjukkan terjadi keterlambatan selama 173 hari. Hasil dari Kurva “S” menunjukkan bahwa proyek terselesaikan sebesar 54.5322% yang dalam rencana diselesaikan selama 245 hari, sehingga terjadi keterlambatan 105 hari. Hasil CPM Network menunjukkan proyek terlambat mulai periode ke-13. Metode Kurva S menunjukkan proyek terlambat mulai periode ke-11. CPM Network menghasilkan informasi analisa setiap periode sehingga dapat dilakukan pengendalian sesegera mungkin. Kurva “S” melihat secara biaya tetapi tidak dapat menginformasikan suatu aktivitas terlambat atau lebih cepat.

Downloads

Published

2016-10-31

How to Cite

Sulistio, W., & Andi, A. (2016). Perbandingan Penjadwalan Proyek Menggunakan Kurva “S” dan CPM Network pada Proyek “X” di Surabaya. Dimensi Utama Teknik Sipil, 3(2), 31–38. https://doi.org/10.9744/duts.3.2.31-38