Potret Penerapan Perencanaan dan Pengendalian Jadwal Proyek pada Suatu Kontraktor BUMN

Authors

  • Desi Widyastuti Magister Teknik Sipil
  • Andi Andi Magister Teknik Sipil Universitas Kristen Petra

DOI:

https://doi.org/10.9744/duts.3.2.39-46

Keywords:

project schedule, contractor, application, planning

Abstract

Penjadwalan proyek sangat berpengaruh untuk penentuan hasil dari suatu proyek. Proyek yang dapat diselesaikan tepat waktu akan memberikan dampak yang yang sangat besar salah satu efisiensi dari segi biaya sehingga perlu dibuat dan dijaga dengan baik. Penelitian ini ditujukan untuk mendapatkan potret penerapan perencanaan dan pengendalian jadwal proyek pada suatu kontraktor BUMN. Penelitian ini menggunakan kuisioner dan wawancara untuk mendapatkan data dan diolah menggunakan analisa deskriptif.

Data penelitian didapatkan dari 11 (sebelas) respoden dengan 8 (delapan) proyek yang berbeda. Perencanaan jadwal proyek pada kontraktor ini sudah mempertimbangkan banyak faktor. Kontraktor ini hanya menerapkan bar chart pada penggunaan jadwal konstruksi. Monitoring jadwal pada kontraktor ini sudah dipantau secara berkala namun untuk pembaharuan jadwal masih belum dilaksanakan.

Downloads

Published

2016-10-31

How to Cite

Widyastuti, D., & Andi, A. (2016). Potret Penerapan Perencanaan dan Pengendalian Jadwal Proyek pada Suatu Kontraktor BUMN. Dimensi Utama Teknik Sipil, 3(2), 39–46. https://doi.org/10.9744/duts.3.2.39-46