EVALUASI ALUR KERJA DAN KOORDINASI FASE TENDER PADA PERUSAHAAN KONTRAKTOR DI SURABAYA (STUDI KASUS PADA PT. X SURABAYA)

Authors

  • Yayak Surya Candra Magister Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
  • Ratna S. Alifen Program Studi Magister Teknik Sipil Universitas Kristen Petra, Surabaya
  • Herry Pintardi Chandra Program Studi Magister Teknik Sipil Universitas Kristen Petra, Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.9744/duts.5.1.1-7

Keywords:

estimasi biaya, akurasi estimasi biaya, alur kerja dan koordinasi.

Abstract

Kompleksitas pada tender proyek, menuntut kontraktor untuk dapat mengantisipasinya dengan meningkatkan akurasi dan perhitungan penawaran yang realistis karena jika penawaran terlalu tinggi akan kalah dan apabila terlalu rendah akan menang namun mengalami kerugian. Dalam menghasilkan estimasi biaya penawaran tender yang baik, dibutuhkan alur kerja dan koordinasi yang baik. Penelitian ini bertujuan membuat evaluasi terhadap alur kerja dan koordinasi pada PT. X, menggunakan metode studi kasus dan data yang diperoleh bersumber dari data dokumentasi, observasi dan wawancara.

Hasil evaluasi yang didapat, pada fase persiapan kegiatan tender yaitu melibatkan PM saat review dokumen tender, membuat skedul tender, membuat ceklist saat survey lokasi dan memastikan kelengkapannya. Pada fase kegiatan penyusunan dokumen teknis, divisi estimasi biaya dan divisi operasional diupayakan selalu berkoordinasi dalam membuat metode kerja, dan diupayakan berkoordinasi dengan subkon owner saat tender dan klarifikasi, dan pada fase kegiatan penyusunan dokumen komersial, diupayakan untuk meningkatkan kompetensi personil baik hard skill dan soft skill

Downloads

Published

2018-04-30

How to Cite

Candra, Y. S., Alifen, R. S., & Chandra, H. P. (2018). EVALUASI ALUR KERJA DAN KOORDINASI FASE TENDER PADA PERUSAHAAN KONTRAKTOR DI SURABAYA (STUDI KASUS PADA PT. X SURABAYA). Dimensi Utama Teknik Sipil, 5(1), 1–7. https://doi.org/10.9744/duts.5.1.1-7

Issue

Section

Articles