ANALISA FAKTOR KEPUASAN PENGHUNI APARTEMEN MENENGAH BAWAH DI SURABAYA

Authors

  • Kevin Harsono Magister Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
  • Timoticin Kwanda Program Studi Magister Teknik Sipil Universitas Kristen Petra, Surabaya
  • Jani Rahardjo Program Studi Magister Teknik Sipil Universitas Kristen Petra, Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.9744/duts.5.1.30-37

Keywords:

kepuasan penghuni, faktor-faktor, apartemen menengah – bawah, strategi

Abstract

Maraknya apartemen di Surabaya tidak dapat dipisahkan dari keterbatasan lahan, serta harga landed house yang semakin meningkat. Akibatnya, pengembang harus menyusun strategi untuk mendapatkan minat beli konsumen. Untuk memenangkan persaingan, pengembang harus memberikan kepuasan kepada konsumen, baik dengan pelayanan, maupun dari konsep hunian. Proyek dapat dikatakan berhasil apabila produk yang dihasilkan memberikan tingkat kepuasan yang tinggi dari konsumen. Kepuasan penghuni didapat apabila harapan penghuni sama dengan kenyataan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa faktor yang mempengaruhi kepuasan. Terdapat 4 faktor yang diuji dalam penelitian ini, yaitu aksesibilitas, desain bangunan, pemeliharaan dan operasional, serta kualitas pelayanan. Hasil penelitian menunjukan terdapat kesenjangan antara tingkat kepentingan dan kepuasan penghuni, sehingga kepuasan penghuni belum tercapai. Selain itu tidak terjadi perbedaan yang signifikan antara kepuasan penghuni terhadap lama menghuni. Faktor yang memerlukan perhatian khusus adalah pemeliharaan dan operasional, dimana terdapat gap antara tingkat kepuasan dan kepentingan. Strategi kombinasi ekspansi dan stabilitas diperlukan untuk meningkatkan kepuasan penghuni.

Downloads

Published

2018-04-30

How to Cite

Harsono, K., Kwanda, T., & Rahardjo, J. (2018). ANALISA FAKTOR KEPUASAN PENGHUNI APARTEMEN MENENGAH BAWAH DI SURABAYA. Dimensi Utama Teknik Sipil, 5(1), 30–37. https://doi.org/10.9744/duts.5.1.30-37

Issue

Section

Articles