ANALISIS UNSAFE ACT DAN UNSAFE CONDITION PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG X

Authors

  • Filbert Chance Gondosiswanto Magister Teknik Sipil
  • Andi Andi Magister Teknik Sipil Universitas Kristen Petra

DOI:

https://doi.org/10.9744/duts.4.1.9-14

Keywords:

unsafe act, unsafe condition, kecelakaan kerja, proyek konstruksi.

Abstract

Kecelakaan kerja sangatlah rawan terjadi pada sebuah proyek konstruksi dan dapat mengakibatkan kerugian berupa kerusakan pada material maupun peralatan. Kecelakaan kerja yang timbul biasanya disebabkan oleh dua hal yaitu tindakan tidak aman yang dilakukan oleh pekerja (unsafe act) dan kondisi fisik atau lokasi proyek yang tidak aman (unsafe condition). Pada penelitian ini akan dilakukan analisis dan evaluasi tentang tindakan tidak aman (unsafe act) dan kondisi tidak aman (unsafe condition) pada proyek pembangunan gedung X.

Faktor perlengkapan pelindung tubuh dan penggunaan peralatan kerja mendapatkan nilai rata-rata terburuk yaitu -1. Setelah didapatkan hasil tersebut, dilakukan penekanan akan pentingnya pelatihan keselamatan. Penekanan pada pelatihan pekerja menghasilan peningkatan yang cukup baik dari nilai -1 pada proyek hotel maupun soho untuk faktor perlengkapan pelindung tubuh meningkat menjadi 0.69 untuk hotel dan 0.68 untuk soho, untuk faktor penggunaan perlengkapan kerja dari rating -1 untuk hotel dan soho meningkat menjadi 0.56 untuk hotel dan 0.64 untuk soho.

Downloads

Published

2017-04-28

How to Cite

Gondosiswanto, F. C., & Andi, A. (2017). ANALISIS UNSAFE ACT DAN UNSAFE CONDITION PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG X. Dimensi Utama Teknik Sipil, 4(1), 9–14. https://doi.org/10.9744/duts.4.1.9-14

Issue

Section

Articles