ANALISA PENGARUH BUDAYA DAN SOSIAL TERHADAP NIAT KONSUMEN DALAM PEMBELIAN RUMAH PADA PERUMAHAN MEWAH DI MAKASSAR

Authors

  • Arnold Phengkarsa Magister Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
  • Timoticin Kwanda Magister Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
  • Didik Wahjudi Magister Teknik Sipil Universitas Kristen Petra

DOI:

https://doi.org/10.9744/duts.4.1.40-47

Keywords:

power distance, individualism-collectivism, pengaruh pasangan, pengaruh anak, pengaruh orang tua, pengaruh teman, dan niat pembelian.

Abstract

Penelitian ini dilakukan di kota Makassar, untuk mengetahui faktor-faktor internal yang dipertimbangkan oleh konsumen dalam membeli rumah. Penelitian sebelumnya lebih banyak meneliti tentang faktor eksternal (harga, lokasi, desain, dll) dibanding faktor internal. Faktor-faktor internal yang diteliti terhadap niat konsumen membeli rumah di kawasan perumahan mewah adalah faktor budaya dan sosial. Faktor budaya terbagi atas faktor power distance dan faktor individualism-collectivism. Faktor sosial terbagi atas pengaruh pasangan, pengaruh anak, pengaruh orang tua, dan pengaruh teman. Analisa hasil penelitian dari 204 sampel ini menyebutkan faktor power distance, individualism-collectivism, dan pengaruh anak adalah faktor-faktor yang signifikan terhadap niat pembelian rumah di kawasan perumahan mewah Makassar. Di sisi lainnya pengaruh pasangan hidup, orang tua, dan teman tidak mempunyai korelasi.

Downloads

Published

2017-04-28

How to Cite

Phengkarsa, A., Kwanda, T., & Wahjudi, D. (2017). ANALISA PENGARUH BUDAYA DAN SOSIAL TERHADAP NIAT KONSUMEN DALAM PEMBELIAN RUMAH PADA PERUMAHAN MEWAH DI MAKASSAR. Dimensi Utama Teknik Sipil, 4(1), 40–47. https://doi.org/10.9744/duts.4.1.40-47

Issue

Section

Articles